KETIKA YIN DAN YANG TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU ”

Yin dan Yang. Kata yang unik dan serasi. Kedua kata yang tak dapat dipisahkan…

“ Aku adalah pelangi … orang melihat aku tinggi… tanpa bisa tercapai… manusia melihat indah pelangi tak berujung sampai bumi… namun, aku melihat, hatinya sampai di sini.”

Kata-kata ini terngiang jelas ditelinga ‘yin’, saat ‘yang’ menuliskan entah sebuah bait, lirik, atau untaian kata yang terakhir dari hatinya. Walaupun saat itu yin dan yang harus terpisah oleh jarak, sebuah keyakinan mengkaitkan dua hati mereka. Hati mereka dekat, seerat denyut nadi manusia.
Jika kita melihat dari sejarah, dari kita Yi Jing beranggapan bahwa Yin Yang merupakan bumi dan langit, semua akar kehidupan dan alam semesta (berdasarkan kitab Confuciusm). Kitab utuk Yi Jing melihat mengenai masalah pergerakan dan berhenti, jika ada gerakan, pertemuan adalah hal baik yang memiliki masa depan. Yin Yang adalah langit dan bumi, kondisi awal semuanya, berubah menjadi ayah dan ibu, awal lahir dan kematian. Jadi Yin Yang adalah keselarasan Langit dan Bumi.
zhuge liang and yue ying bravo ! thumbs up!
Yin sebagai “sisi teduh sebuah bukit” mewakili keteduhan dan kepasifan, bersatu dengan kesuburan, kelembutan dan kehalusan. Yin melambangkan simbol perempuan. Sedangkan Yang sebagai “sisi terang sebuah bukit” mewakili cahaya dan keadaan dinamis, bersekutu dengan ketahanan, kaku, dan perluasan. Yang melambangkan simbol laki-laki.

Yin dan Yang saling tergantung dan saling melengkapi, simbiosis mutualisme, selalu berhubungan dan terus –menerus saling memberi kekuatan. Yin tak berfungsi tanpa Yang, sebaliknya Yang tak berfungsi tanpa Yin.
***
                Begitu erat energi yang terpancar dari Yin dan Yang. Yin tidak bisa hidup tanpa Yang dan Yang tak bisa hidup tanpa Yin. Mereka adalah kesatuan yang utuh, walaupun terpisah. Yang jauh di seberang sana, sedangkan Yin di sini berusaha menjaga keutuhan dengan saling memberi kekuatan. Karena Yin adalah sisi teduh bukit, maka dia memerlukan Yang sebagai sisi terang bukit. Sesuatu yang menerangi dalam keteduhan adalah kenyamanan.
                
Yin adalah selalu menjaga perasaan ini untuk Yang. Walaupun Yang jauh diufuk timur dan Yin berada diufuk Barat, cinta yang dimiliki Yin masih akan terus bersemi. Seberapa jauh jarak Yang, pada akhirnya Yin dan Yang akan menyatu karena mereka adalah keselarasan langit dan bumi (^_^).

Kairo, Buus Indah Permai , 29- Juni - 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar