memetik hikmah dari daun yang beserahkan 2

Memetik hikmah dari daun yang berserahkan setiap masalah bukan untuk kita hidari tetapi harus kita hadapi dengan lapang karena di sana ada yang senantisa mencintaimu , memperhatikanmu , melindungimu , Daialah Allah . Tidak pernah membuatmu bersedih kecuali untukkemudian membahagikanmu , tidak pernah mengambil  apapun kecuali untuk memberimu yang lebih baik. Inna ma'a al'usri yusron .. Bersama kesuluitan selalu ada kemudahan .Indahnya kesabaran karena selalu mendatangkan kemudahan .

Setiap anak manusia memiliki masalah dan musbiah namun di saat musibah dari Allah menghampiri hidup kita tentu nya Allah banyak meninggalkan keluar biasaan , yang mungkin sulit dicapai dengan amal. Demikian apabila menjadi orang yang bersabar atas Pemberianya serta menjadikan Musibah sebagai ladang ibadah untuk kita .

Maka perbaikilah ibadah-ibadah kita kepada Allah , mungkin saja Allah menegur kita dari segala musibah agar hamba nya bisa  menjadi insan yang bertaqwa karena pada hakikat kehidupan sesungguhnya Allah mencintai orang yang bertaqwa kepada di saat sedih dan senang .. maka tingatkanlah hak-hak Allah , selagi denyut nadi ini berdetak maka memintalah kepada Allah sesungguhnya Allah sangat senang dengan hamba nya yang memohon serta meminta , dirikanlah shalat di sepertiga malam karena sesungguhnya turun ke bumi melihat hamba - hamba nya yag munajat kepada nya , menangisi dosa, sehinggabuliran air mata yang tumpah ke dataran bumi adalah air mata yang berkah di mata Allah , Subhanollah

ini nasihat seorang ibu kepada anak nya yang sedang mengalami kesusahan dalam kehidupan nya ,sehingga apa yang telah di katakan oleh ibu nya dengan sepercik nasihat anak tersebut menjadi sadar akan kehidupan nya , ketika masalah ini belum terselesaikan tak lama kemudian anak dari ibu ini yang no 2 meminta kepada kakak nya untuk bayaran uang spp serta ujian . Namum kakak nya hanya berkata dengan baik kepada adiknya agar bisa bersabar dan menunggu dalam beberapa waktu ini , bahwa kakak akan berusaha untuk mencari uang untuk bayaran uang spp dan ujian , namun adiknya seneng medengar kabar tersebut karena sesungguhnya adiknya tidak mengetahui apa yang telah terjadi sama kakak nya saat ini , namaun kakak nya pun tidak ingin memberitahukan masalah ini kepada adiknya karena di takutkan adiknya menjadi beban dalam masalah belajar nya .

Sehingga waktutelah beramjak malam helmi pun masih masih memikirkan masalah yang sedang yang sedang di hadapi nya sehingga ia hanya bisa menanggis dalam keheningan malam yang gelap . Namun setelah isak tanggis itu sudah mulai menyadarkan helmi sehingga ia teringat tentang nasihat ibu di saat nasihat itu terucap : mungkin saja ini teguran untuk kita karena saat ini kita sering melalaikan hak-hak Allah ( Nasihat ibu )

Setelah teringat nasihat ibu nya helmi pun lagsung bergegas mangambil wudhu untk melakukan ibada di waktu 1/3 malam setelah ia selesai qiyamulail ia langsung munajat kepada Rabb nya meminta pertolongan agar selalu di beri kemudahan di saat hidupnya mengalami musibah , sehingga ia pun berdoa dengan sungguh sangat khusyu di saat meminta kepada Allah



Doa yang do panjankan oleh helmi . Rabbana atina miildunka Rahmah, wahayyi' lana min amrina rasyada.

Ya Tuhan kami , anugrailah kami rahmat dari hidaratmu dan berikanlah  kepada kami petunjuk dalam urusan kami ( Qs - Al - Khafi <18> : 10 )



wassalam ..



Andi Muhammad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar